Friday, June 24, 2016

Dimanakah Nubuatan PL "Yesus Orang Nazareth"

Ναζαρετη 1895 - Pinterest


Pertanyaan dari seorang Penggugat Alkitab

Firman nabi-nabi yang mana yang digenapi bahwa Yesus akan disebut Orang Nazaret?
Dimanakah Nubuatan dalam Perjanjian Lama (Tanakh) bahwa Yesus orang Nazareth seperti yang disebutkan dalam Matius 2:23


Matius 2:23
Setibanya di sana ia pun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazaret.

Matthew 2:23
[23]καὶ ἐλθὼν κατῴκησεν εἰς πόλιν λεγομένην ναζαρέτ, ὅπως πληρωθῇ τὸ ῥηθὲν διὰ τῶν προφητῶν ὅτι ναζωραῖος κληθήσεται.

Ayat ini merujuk kepada Yesaya 11:1 dalam Perjanjian Lama

Yesaya 11:1
Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.
Yesaya 11:1 TB

Text Hebrew
:ויצא תטר מגזע ישי ונצר משרשיו  יפרה


Penjelasan

Nazareth adalah nama sebuah kota di Yehuda di daerah Danau Galilea
ναζωραῖος   = nazoraios
ונצר             = wa.natzer

  • nazorios, kata dasar nya adalah nazara. Penambahan (penggantian) huruf alfa menjadi ios dalam tata bahasa koine menunjukan bahwa kata tersebut adalah noun nominative, maskulin, singular, jadi bukan menunjukan asal usul (Nazarene ναζαρηνε vocative Markus 1:24) atau kepemilikan (Nazoraio ναζωραιυ atau ναζαρηνου Genetive KPR 3:6)
  • Sehingga arti kata Nazarios dalam Matius 2:23 ini, yang tepat adalah Sang Nazara, bukan Orang dari Nazarene (Vocative) atau Orang Nazara (Genetive), bandingkan dengan ayat-ayat tersebut di atas.
  • Kota Nazareth dibangun apada jaman Herodes Agung I, berasal dari kata Nazara berasal dari kata Natzar, artinya tunas, cabang/ taruk, keturunan
  • Yesaya 11:1 dan Daniel 11:7 menggunakan kata natzar ini juga untuk merujuk kepada “keturunan”


Jadi kata Nazarios dalam Matius 2:23, sesuai nubuatan nabi Yesaya, yang dimaksud adalah IA akan disebut Nazaraios, sang Taruk. Sebab memang setelah hampir 600 tahun tidak ada seorang pun dari Generasi Daud yang menjadi raja Yehuda. Mesias, anak Daud, Taruk Isai akan bertunas dan muncul sebagai Raja Damai. Dan memang suatu fakta yang tidak kebetulan bahwa ada kota bernama Nazareth yang dibangun oleh Herodes Agung pada tahun-tahun setelah jaman Yesaya berlalu, sehingga baik dalam bahasa Yunani maupun dalam allegories Ibrani, tetaplah Nubuat Nabi Yesaya berlakau: Yesus Sang Nazara, Yesus Sang Taruk
Dalam konteks sejarahnya, dalam Yohanes 19:19 Pontius Pilatus pun menyebut Yesus dalam bahasa Ibrani Sang Taruk ( ha.notzry יהנזר) atau dalam bahasa Latin Nazarenus (noun nominative maskulin tunggal) atau dalam bahasa Yunani Sang Nazara (ναζωραῖος) bukan  Orang Nazaret (ναζαρηνε genetive).

No comments:

Post a Comment